Selasa, 27 September 2016

Bee movie dan Teori Karl Marx



Bee movie dan Teori Karl Marx

Hasil gambar untuk bee movie 
terkesan aneh memang ketika dosen saya memberi tugas menonton film bee movie dan menganalis isi film tersebut. baru pertama kali saya merasakan dan melihat teman-teman saya menonton film animasi dengan wajah fokus dan serius, padahal isi filmnya cukup lucu :D 
ini hasil sederhana saya,
 
Bee movie merupakan film yang  mengisahkan para kawanan lebah yang hidup dengan sistem kapitalis. Setelah lulus pendidikan mereka tidak bisa memilih pekerjaan, karena mereka langsung dipekerjakan di Honex industries, sebuah perusahaan pengolah madu, mereka akan bekerja dengan pekerjaan yang sama selama seumur hidup .

 seekor lebah bernama Barry benson,ia tidak setuju atau sepaham dengan sistem kapitalis tersebut karena menurut dia melakukan pekerjaan yang sama seumur hidup adalah hal gila, dan itu sama dengan teori Karl Marx yang tidak menghendaki sistem kapitalis melainkan menginginkan sistem komunisme. Ia tidak setuju bahwa yang memiliki alat produksi adalah yang berkuasa. Barry benson berpikir ia ingin berpetualang di dunia (diluar sarang) sebelum ia mulai bekerja dengan pekerjaan yang akan terus dia lakukan seumur hidupnya hingga akhirnya dia bertemu manusia bernama Vanessa.

Dalam hukum lebah, seekor lebah dilarang keras  berbicara dengan manusia, namun Barry terpaksa melanggar hukum tersebut karena untuk berterima kasih kepada Vanessa karena sudah menyelamatkan hidupnya. Adam sebagai teman dekat Barry dan orang tua Barry benson terus menyarankan agar Barry melakukan dan menjalankan sistem yang sudah berjalan dengan bekerja di Honex industries, dan Barry harus mentaati hukum lebah yaitu tidak berbicara dengan manusia. Mereka terus menekankan akan Barry berpikir seperti layaknya lebah (thinking Bee).

            Suatu ketika saat Barry dan Vanessa ke sebuah toko dia mengetahui banyak madu yang dijual dan di konsumsi manusia, Barry menganggap itu adalah pencurian besar, karena lebah dengan susah payah membuatnya dan manusia mengambilnya tanpa izin. Kemudian Barry mengikuti mobil yang menuju ke peternakan madu (honey farms) dan ia mendapati ratusan sarang lebah buatan manusia untuk kepentingan produksi manusia.

 Jika dikaitkan dengan pemikiran Karl Marx , Barry berpikiran sama, ia tidak menerima dan menentang keras dengan sistem kapitalis, para pekerja (Bee) bekerja keras namun para manusia yang menikmati hasilnya, dengan kata lain para pemilik alat produksi lah yang berkuasa. Karena itu Barry menuntut para pemilik perusahaan (honey farms) karena mereka telah mengambil madu dengan cara memasukan lebah ke dalam sarang buatan. Tuntutan barry dimenangkan pengadilan, madu produksi honey farms diambil dan dikembalikan ke Honex industries.

Cadangan madu di Honex industries sangat melimpah sehingga proses pengolahan madu dihentikan, para lebah menghentikan pekerjaannya karena banyaknya cadangan madu. Para lebah beristirahat tanpa bekerja, hal ini baru dilakukan setelah dua puluh juta tahun para lebah terus bekerja tanpa henti.  Dengan ini sistem kapitalis tidak berjalan, tanaman dan bunga-bunga hampir semuanya mati karena tidak menerima penyerbukan dari lebah, tanah menjadi gersang.

Keadaan ini membuat Barry menyesal, ia tidak menyangka dampaknya akan seperti ini. Akhirnya barry berusaha membuat kawanan lebah kembali melakukan penyerbukan demi mengembalikan bunga-bunga dan tanaman, dan hal itu berhasil. Intinya, jika sistem kapitalis dihentikan dengan cara pekerja berhenti melakukan proses produksi, maka akan ada sistem kehidupan yang akan terhambat bahkan menimbulkan suatu masalah baru dalam sistem kehidupan.   









Tidak ada komentar:

Posting Komentar