Kamis, 15 Desember 2016

Budaya Kab Tangerang-Banten


  Kabupaten tangerang :
Merupakan salah satu dari delapan kabupaten/kota di provinsi banten, berdasarkan sejarah pembentukannya ditindaklanjuti dengan UUD no 14 tahun 1950 tentang pembentukkan daerah daerah kabupaten dalam lingkungan provinsi jawa barat. Pada era otonomi daerah sebagai mana diatur dalam uud no.22 tahun 1999 tentang pemerintahan daerah, telah terjadi dinamika sosial politik yang cukup signifikan, salahsatu diantaranya adalah terbentuknya provinsi banten sebagaimana diatur dalam UUD no.23 tahun 2000 tentang pembentukan provinsi banten, dimana sejak tanggal 4 oktober 2000, kabupaten tangerang yang semula bagian dari wilayah provinsi jawa barat resmi menjadi bagian wilayah administrative provinsi banten.
a.       Vihara tjoe soe kong, berada di tepi pantai tanjung kait desa tanjung anom kecamatan mauk-kebupaten tangerang. Diperkirakan dibangun pada tahun 1792. Sebagai tempat peribadatan umat kong hu chu. Pengunjung vihara berasal dari dalam kota, luar kota bahkan dari Malaysia dan singapura yang berkunjung secara rutin. Makam dwi neng berada tidak jauh dari komplek vihara dan banyak dikunjungi oleh peziarah.
b.      Makam keramat panjang, makam ini luasnya kurang lebih 1Ha berada di kampong keramat Desa Sukawali Kecamatan Paku Hji yang berjarak 30 km dari kota Tangerang, makam ini adalah makam Habib Abdullah bin Ali yang wafat pada tahun 300 Hijriyah. Peziarah yang datang selain dari Tangerang, ada juga yang datang dari Jakarta, indramayu, bogor, bekasi, depok, Madura, bahkan ada juga peziarah yang datang dari Turki. Umumnya para peziarah datang pada setiap malam jum’at dan pada hari-hari besar islam.
c.       Kesenian marawis.  Kesenian bernuansa islami yang berkembang di Tangerang, kesenian ini pada awalnya di bawa oleh orang Yaman, dan sangat menarik karena di dalamnya terdapat kombinasi music perkusi diiringi vocal dan tabuhan ritmis yang dinamis yang dimainkan oleh 16 sampai 18 orang pemain laki-laki terdiri dari pemain musik, penyanyi dan penari.
Wisata yang terdapat di kabupaten Tangerang antara lain Pulau cangkir, pantai tanjung kait, pantai tanjung pasir, citra raya water world, situ cihuni, peziarahan keramat solear, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar