Jumat, 09 Desember 2016

Model Pembelajaran



Model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat kita gunakan untuk merancang pembelajaran tatap muka di dalam kelas atau dalam latar tutorial dan dalam membentuk materiil-materiil pembelajaran , termasuk buku-buku, film-film, pita kaset, dan program media computer, dan kurikulum (serangkaian studi jangka panjang). Setiap model membimbing kita ketika kita merancag pembelajaran untuk membantu para siswa mencapai berbagai tujuan (Bruce Joyce dan Marsya Weil, 1986:2).
T.Raka Joni (1980) membahas model-model pembelajaran dalam konteks pembahasan strategi pembelajaran. Dalam pembahsannya tersebut ada kesan bahwa model-model pembelajaran dipandang setara kedudukannya dengan strategi pembelajaran. Di pihak lain, Wina Sanjaya (2005:101) berpendapat bahwa model pembelajaran berkedudukan lebih tinggi (lebih umum) daripada strategi pembelajaran.
Namun demikian, apabila kita mengkaji berbagai model pembelajaran sebagaimana di kemukakan oleh Bruce Joyce dan Marsha Weil (1986), dapat dipahami bahwa strategi pembelajaran adalah berbeda (tidak berkedudukan setara) dengan model pembelajaran. Sebaliknya, model pembelajaran lebih khusus daripada strategi pembelajaran. Alasannya antara lain, bahwa skenario suatu model pembelajaran memuat suatu strategi pembelajaran tertentu yang sebaiknya diaplikasikan oleh guru. Selain itu, suatu model pembelajaran telah memuat : 1) Syntax, yaitu serangkaian tahapan langkah-langkah yang konkret atau lebih khusus yang harus diperankan oleh guru dan siswa; 2) System sosial yang diharapkan; 3) Prinsip-prinsip reaksi siswa dan guru; dan 4) system penunjang yang disyaratkan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar