Kamis, 15 Desember 2016

HUBUNGAN KELAS BARU DALAM PENDIDIKAN




Menggambarkan bagaimana hubungan anak, orang tua dan dunia pendidikan yang lebih menekankan pada keluarga kelas menengah. Orang tua yang berasal dari kelas menengah lebih menekankan anaknya untuk menimba pendidikan yang berkualitas di lembaga pendidikan yang terbaik tentunya. Mereka para orang tua yang berasal dari kelas menengah biasanya mereka adalah orang-orang yang berpendidikan sehingga memikirkan masa depan anaknya yang harus lebih baik dari dirinya. Orang tua dan anak banyak membicarakan atau menceritakan mengenai persaingan diluar sana, mereka mengatakan pada anaknya bahwa kamu mungkin baik, tetapi diluar sana mungkin banyak yang lebih baik dari kamu.
Mengingat dewasa ini, tingkat persaingan ataupun kompetitif yang semakin berat daripada mereka dahulu maka orang tua (kelas menengah) mereka menekankan agar anaknya bisa mencapai prestasi yang tinggi di sekolah.  Namun dalam kaitannya anak dengan sekolah, orang tua sebagian besar melakukan intervensi di sekolah yang berkaitan dengan anaknya agar mendapat hak istimewa. Intervensi tersebut demi mencapai kepentingan mereka sendiri yang tidak jarang mengakibatkan ketidakadilan bagi kelompok lain. Hal tersebut dilakukan bertujuan untuk melestarikan keunggulan posisi keluarga mereka.
Bagi keluarga kelas menengah, pilihan sekolah merupakan titik kritis investasi budaya dalam ekonomi simbolik. Sekolah yang memiliki keunggulan tertentu bagi mereka adalah cara yang efektif untuk menyimpan nilai realisasi masa depan serta untuk meningkatkan peringkat kelas mereka. Mereka lebih memilih lembaga yang didalamnya terdapat presentasi yang tinggi yang anak-anak di lembaga tersebut berasal dari orang tua yang berpendidikan, mereka cenderung lebih memilih habitus yang sama dengan mereka karena memandang ahwa anak-anak yang berasal dari orang tua kelas menengah memiliki rasa disiplin dan kelakuan yang baik, serta cenderung menghindari pencampuran kelas sosial seperti para anak-anak yang orangtua nya berasal dari kelas bawah.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar