Selasa, 27 Desember 2016

Faktor Pengaruh dan Realitas Remaja Usia 13-15 tahun

Faktor-faktor yang mempengaruhi  perilaku anak remaja usia 13-15 tahun
Anak usi 13-15 tahun tengan berada dalam masa peralihan ,yaitu masa anak-anak menuju masa remaja awal. Mereka mengalami berbagai macam perubahan baik dalam dirinya sendiri maupun unsur dari luar  yang berhubungan dengan perkembangan dirinya.
Oleh karena itu terdapat berbgai macam factor dalam hal ini antara lain:
a.faktor internal
Yang berasal dari dalam diri  anak,yang berasal dari keturunan atau pembawaan.
b.faktor eksternal
Faktor yang berasal dari luar diri anak,yan berasal dari pengalaman dan interaksinya dengan lingkungan.
Kedua factor tersebut tidak akan banyak mempengaruhi perilaku remaja,baik secara terpisah maupun secra bersamaan .Dengan demikian baik buruknya kedua factor akan menentukan bagaimana perkembangan remaja itu nantinya.

Realitas perilaku anak usia 13-15 tahun
Anak usia 13-15 tahun merupakan manusia biasa yang sudah pasti memiliki realitas kehidupan yang sama dengan manusia pada umumnya.Terlebih lagi mereka ada dalam masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa.Oleh karena itu ralitas perilakunya sering menjadi bahan penelitian yang menarik.
Faktor internal  berupa krisis identitas: perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integritas.Pertama,terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya.Kedua,tercapainya identitas peran,kenkalan remaja terjadi karena remja gagal mencapai masa integrsi kedua.
Faktor eksternal, berupa keluarga atau perselisihan antara anggota keluarga bisa memicu perilaku negative pda remaja .Pendidikan yang salah dikeluargapun seperti memanjakan anak, tidak memberian pendidikan agama,atau penolakan terhadap eksistensi anak,bisa penyebab terjadinya kenakalan remaja.
a.perkembangan agama, perkembangan agama anak remaja biasanya suka terpengruh oleh teman sebaya misalnya saja temannya tidak shalat maka tidak ikut shalat,tapi tidak semuanya juga.
b.perkembangan fisik motoriknya, remaja sudah tumbuh kembang  bentuk fisiknya misalnya pada laki-laki adanya jakun, dan cara bicara yng besar serta sudah mimpi basah.Sedangkan pada anak perempuan payudaranya ,pinggulnya melebar, dan sudah menstrasi.
c. perkembangan bahasa,bahasa pada anak remaja sebaiknya diawasi karena sering sekali remaja itu menemukan bahasa yang aneh-aneh.
d.perkembangan sosial, pada masa remaja anak sudah bisa bergaul dengan siapa saja, contohnya sudah bisa memilih teman sebayanya yang mana dinggap sahabat dan yang mana teman biasa.
e.perkembangan moral,moral anak remaja  biasanya dipengaruhi oleh teman sebayanya jika teman sebayanya baik maka akan berperilaku baik juga tapi tidak semua remaja juga mengikuti dari teman bermainnya ini.
  

Anam,s.(2008).anak pendidikan.jakarta.
Sumantri mulyani,dkk.2007.perkembangan peserta didik.universitas terbuka:Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar