Kamis, 15 Desember 2016

Keberagaman budaya Kab Serang Banten



   Kabupaten serang
Di daerah ini memiliki budaya berupa beragam kerajian seperti :
a.       Keramik bumi jaya, banten memiliki kerajinan khas daerah salah satunya adalah kerajinan keramik. Yang dihasilkan oleh masyarakat desa bumi jaya kecamatan ciruas kabupaten serang, yang terkenal dengan kekuatan bahannya, karena tanah lepungnya memiliki kualitas yang baik sebagai bahan pembuatannya, dibuat oleh masyarakat setempat yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya dengan berbagai desain dan motif. Keramik ini dipasarkan dipasar lokal, regional, dan ekspor.
b.      Golok ciomas, kerajinan golok banyak tersebar di daerah banten, sering disebut sebagai kerajinan pande golok, namun yang paling termashur bahkan konon terkenal dengan kesaktiannya, yaitu golok yang berasal dari daerah ciomas kecamatan padarincang, kabupaten serang, di daerah terebut kerajinan golok dibuat secara turun temurun, bahkan telah menjadi profesi sebgian warga sekitar.
c.       Kesenian budaya putih, kesenian tradisional yang berkembang di kampong curug dahu desa kadubeureum kabupaten serang, iringan arak buaya putih biasanya dilakukan dalam kegiatan mengirimkan bahan-bahan keperluan hajatan yag menjadi ciri khas daerah setempat, dimana keperluan hajatan ditata sedemikian rupa pada sebatang pohon bamboo yang dibentuk kerangka mirip seekor buaya.
Wisata yang terdapat di daerah ini yaitu pantai mercusuar anyer, pantai anyer, pantai karangbolong, gunung anak Krakatau, pantai pandulu sambolo, pantai tanjung tum, rawa dano, gunung santri, bendungan pamarayan, menhir baros, situs patapan situ wulandira, situ tasik kardi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar